AMBON MANISE



KOTA KELAHIRANKU



Ambon manise namanya yang berarti kota yang indah, manis dan cantik. Merupakan kota terbesar di wilayah kepulauan maluku dan sentral bagi wilayah kepulauan maluku.
Kota Ambon juga kota yang memiliki kebudayaaan yang sangat unik dan eksotis. Bahasa orang Ambon sangat mirip dengan bahasa Jerman, Belanda dan Inggris. Jadi, jangan kaget yah... jika mendengar dialognya orang ambon 😊. Misalnya kata yang sering saya ucapkan setelah menerima sebuah hadiah atau oleh-oleh adalah ”Danke”,  kata ini mirip sekali dengan bahasa Jerman kan. Kata-kata bahasa Maluku sangat mudah di ingat asal kita ingat suku katanya saja, “Kita” di ambon menjadi “katong”. Asal kata dari “kita orang dan mereka” menjadi “dong”. Untuk kata kepemilikan menggunakan kata “punya” yang disingkat menjadi “pung”, contohnya apabila kita ingin menyebutkan “rumah saya” maka menjadi “beta pung rumah”. Dan masih banyak lagi sih, jika ingin tahu tentang dialognya orang ambon lebih mendalam buka di  mba google dan sebagainya.
Makanan mayoritas orang Ambon adalah sagu, tapi zaman sekarang beras sudah biasa mereka makan, tetapi belum menggantikan sagu seluruhnya. Pohon sagu tidak perlu ditanam dan dipelihara karena pohon sagu telah berkembang dan hidup di pulau-pulau Maluku serta di rawa rawa juga sangat banyak.

Makanan khas Ambon

PAPEDA dan IKAN KUAH KUNING  
Papeda kelihatannya seperti lem/perekat, dan memang dapat dijadikan sebagai lem kertas. wah...wah...wah... Jangan kaget yah ternyata papeda juga bisa dijadikan lem guys...... Namun beginilah bentuk dari papepa makanan khas Ambon. Papeda terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan air panas, kemudian diaduk sampai mengental.



Papeda dimakan bersama "ikan kuah kuning" atau sop ikan yang ditambahkan kunyit sehingga berwarna kuning. Rasanya yang sedikit asam biasa ditambahkan dengan Belimbing Wuluh atau "Lemon Cina" Memang bila makan papeda dengan ikan kuah kuning sangat nikmat apalagi kalau dihidangkan masih hangat. Makanan non kolesterol ini juga sering dihidangkan pada saat acara-acara resmi yang menunjukan jati diri dari Orang Ambon.


SAGU  
Sagu adalah sebuah jenis pohon yang tumbuh di daerah rawa. Biar tumbuh didaerah tawa tapi sangat lezat lohhh


Tepung sagu diolah menjadi beragam jenis makanan. Ada yang membuat sagu lempeng, sagu bakar, sagu gula, sagu tumbu, bagea, dan lain-lain. Pengen nyoba? Ayo jalan-jalan ke Ambon
😊



IKAN ASAR



Ikan asar adalah salah jenis khas makanan Ambon yang sering dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, sanak saudara, teman atau lain sebagainya yang tinggal di luar Ambon.
Namun ikan asar masih menjadi favorit makanan orang Ambon. Sebenarnya ikan asar adalah nama daerah di Ambon. namun di luar Ambon, namanya "Ikan Asap". Proses pembuatannya dengan pengasapan sehingga disebut ikan asap. Istilah Ambon bilang di "Asar".
Waktu pembuatannya orang Ambon bilang "Asar akang di atas Para-Para".

Ciri-ciri orang ambon
  • Pada umumnya memiliki kulit gelap
  • Kebanyakan mempunyai rambut ikal
  • Memiliki tubuh dengan kerangka tulang besar dan kuat
  • Profil tubuh yang lebih atletis dibanding dengan suku-suku lain di Indonesia


Wisata kota ambon

Pulau Pombo




Salah satu lokasi wisata di Kota Ambon yang menarik dikunjungi adalah Pulau Pombo. Pulau yang masih alami, belum banyak tersentuh manusia ini luasnya cuma 4 kilometer persegi.
Salah satu obyek wisata Ambon yang memilik panorama alam nan mempesona. Laut yang jernih dengan keindahan bawah laut serta terumbu karang cantik. Bagi anda penyuka wisata alam, wajib untuk datang kemari saat liburan ke Ambon. Ayoooo jalan-jalan ke pulau pombo

Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota, dari namanya saja sudah unik. Ya, obyek wisata pantai yang satu ini memang terkenal dengan keunikannya. Apa sajakah? Dari pantai ini kita dapat melihat tebing batu karang yang terjal dengan lubang di tengahnya.
Jika dilihat-lihat dan perhatikan dengan seksama, tebing tersebut bentuknya menyerupai sebuah pintu. Keunikan lainnya adalah kawasan pantai yang lebih dominan batu karangnya dibandingkan dengan pasir pantainya. Namun, itu malah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung kemari. Ayo.....ayo... jalan-jalan ke pintu kota

Kebudayaan Ambon

Tarian Suku Ambon





Tarian Bambu Gila merupakan tarian paling terkenal dari orang Ambon. Tarian ini juga dikenal dengan nama Buluh Gila. Untuk memulai pertunjukan ini sang pawang membakar kemenyan di dalam tempurung kelapa sambil membaca mantra dalam ‘bahasa tanah’ yang merupakan salah satu bahasa tradisional Ambon. Kemudian asap kemenyan dihembuskan pada batang bambu yang akan digunakan. Jika menggunakan jahe maka itu dikunyah oleh pawang sambil membacakan mantra lalu disemburkan ke bambu. Fungsi kemenyan atau jahe ini untuk memanggil roh para leluhur sehingga memberikan kekuatan mistis kepada bambu tersebut. Roh-roh inilah yang membuat batang bambu seakan-akan menggila atau terguncang-guncang dan semakin lama semakin kencang serta sulit untuk dikendalikan.



Ingin tahu lebih lanjut tentang Kota Ambon??? Ayo telusuri aja mba googlenya 😊

Yang membaca postingan saya tentang kota ambon semoga jalan-jalan yahh dikota Ambon

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI INFORMASI

FASILITAS UMM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG